Luwu Utara,-- Desa Salulemo Kecamatan Baebunta terpilih mengikuti ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2019. Keputusan tersebut diketahui melalui Rapat Koordinasi persiapan lomba desa yang dipimpin Wakil Bupati Luwu Utara, Muh.Thahar Rum di Ruang Rapat Wakil Bupati, Kamis (20/6) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Ketua TP-PKK Luwu Utara, Camat Baebunta, Pemerintah Desa Salulemo dan seluruh perwakilan SKPD yang terkait dalam indikator penilaian.

Dalam rakor tersebut tercatat 12 indikator penilaian yang akan menjadi perhatian tim penilai Provinsi, yang akan dijadwalkan berkunjung ke Luwu Utara pada bulan Juli mendatang. Ke 12 indikator diantaranya sektor pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan masyarakat, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa, kelembagaan masyarakat, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, penataan dan kebersihan lingkungan, perpustakaan desa, dan tanggap siaga bencana.

Sementara itu dalam arahannya Muh. Thahar Rum berpesan agar seluruh pihak dapat bekerjasama untuk mencapai target. Thahar juga meminta sejumlah aspek menjadi perhatian utama seperti pendidikan, kesehatan dan administrasi kependudukan tanpa mengesampingkan aspek lainnya.

Ia berharap, Kabupaten Luwu Utara dapat meningkatkan prestasinya setelah tahun lalu berhasil menyabet peringkat ke empat dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2018, yang mengikutkan Desa Dandang sebagai peserta lomba.

"Kita berharap Luwu Utara dapat meraih juara. Untuk itu diperlukan kerjasama seluruh pihak, mulai dari pemerintah desa, kecamatan, hingga SKPD. Terlebih partisipasi masyarakat dan yang terpenting koordinasi," pesan Thahar.

Sebelumnya, Keputusan Pemerintah Kabupaten untuk memilih Desa Salulemo dilakukan secata kolektif dengan melalui sejumlah pertimbangan. Salah satunya hasil penilaian tim kabupaten dengan melihat kesiapan masyarakat dan Pemerintah Desa. Apalagi, Desa Salulemo juga pernah mengikuti lomba serupa beberapa tahun yang lalu. (*put)